Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru January

Promo Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru Januari

promo paket wisata raja ampat cakraloka tour

promo paket wisata Manado Bunaken cakraloka tour

Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru January– Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Jika mendengar tentang Togean Terasa Asing bagi telinga orang Indonesia kebanyakan. Bahkan juga dari banyak orang yang mengaku pecinta alam ataupun Traveller pun banyak yang masih belum tahu. Padahal pulau ini bisa dikatakan secara geografis tidaklah tersembunyi. Akan tetapi namanya ini sedikit membuat orang bingung, Togean atau Togian? Banyak orang yang bingung dengan dua nama tersebut.

“Togian, Sebenarnya Togian, Tapi banyak orang luar yang bilang Togean, Katanya Lebih Enak” Jawab penduduk sekitar.

Kepulaun yang sudah ada sejak tahun 2004 yang berstatus taman nasional itu terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, Yang tepatnya di Kabupaten Tojo Una-Una. Luasnya bisa mencapai 292.000 hektar yang berupa lautan dan juga daratan seluas hanya 70.000 hektar. Dengan Luas ini menjadikan Togean Taman Nasional Laut terbesar di Indonesia. Togean sendiri terdiri dari 6 Pulau utama antara lain: Pulau Batudaka, Waleabahi, Malenge, Una-Una, Talatakoh, dan Waleakodi beserta ratusan pulau-pulau kecil lainnya.

Nama Kecamatan disana ialah Wakai yang sekaligus berfungsi sebagai pusat keramaian Kepulauan Togean, dan disinilah pusat kegiatan masyarakat dan tempat untuk mencari sinyal/internet bagi para Wisatawan seperti untuk browsing dan telpon.

Untuk sampai di Togean kalian harus melakukan perjalanan yang lumayan lama dan banyak, mulai dari pesawat, mobil, dan kapal, tergantung dari mana kita mulai perjalanannya. Tetapi jika sudah sampai disana rasa lelah perjalanan dan penat akan terbayar lunas semua.

Yang lebih bagusnya lagi, pada tahun 2016 ini bandara di Ampana selesai dibangun dan ada juga beberapa maskapai berjadwal bisa mendarat disini seperti Garuda ataupun Wings. Sebenarnya sudah ada yang beroperasi penerbangan yang dilayani oleh Aviastar tetapi hanya 3 Kali seminggu itupun Tidak Tentu.

Togean ini Memiliki segalanya. Keindahan dan keajaiban panorama atas dan bawah lautnya tidak usah ditanyakan lagi. Dengan lokasi yang berada di jantung coral triangle, Togean memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi di laut. Bomba atoll adalah salah satu dari puluhan site Snorkeling/Diving yang terbaik.

Terdapat beberapa Hewan langkah yang endemik dan dilindungi disini. Contohnya seperti kepiting kelapa atau coconut crab, kalian bisa menemukan di depan cottage yang bersembunyi di belakang karang. Di pedalaman hutannya terdapat gunung berapi aktif yang bernama Gunung Colo Terletak di Pulay Una-Una. Sebuah Pantai yang pasir lembutnya berwarna putih yang bertebaran di sekujur pulau.

Untuk Mayoritas Suku Disini adalah suku Bajo dengan sebutannya “sea gypsy” atau “manusia laut” karena mereka terkenal akan keahliannya dalam mengurangi lautan dan tempat tinggal mereka yang juga keberulan berada di atas laut.

Tempat Wisata Togean

 Jika sudah merasa bosan untuk melakukan aktivitas seperti Diving dan juga Snorkeling, Kalian bisa relax sambil berkeliling di sekitar kepulauan dengan menggunakan perahu bermotor sewaan. Jika menginap di Area barat daya kepulauan Togean, maka tempat-tempat yang dapat kalian Kunjungi ini adalah.

1.Pulau Papan

Pulau Papan di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah memiliki pesona yang tak kalah cantik dengan Pulau Bali atau Lombok. Salah satu Pulau yang dihuni oleh suku Bajo ini punya ciri khas yang unik yakni mayoritas yang rumahnya disana dibangun di atas air.

Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru January

Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru January – Terdapat di tengah Pulau Papan terdapat satu tempat yang bisa disebut dengan Puncak Baru Karang, yang dijadikan tempat para anak-anak suku Bajo untuk bermain bersama para wisatawan. Di pulau yang dihuni lebih dari 200 kepala keluarga ini, terdapat jembatan kayu yang meliuk sepanjang satu kilometer. Jembatan itu menjadi penghubung warga Bajo dari Pulau Papan ke Pulau Malenge, Pusat Pemerintahan desa.

Untuk Pulau Papan tersendiri termasuk dalam bagian Taman Nasional Togean (TNKT), juga memiliki kekayaan dan Keindahan bawah laut sehingga tak heran jika pulau ini menjadi destinasi wisata favorit pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

2.Danau Ubur-Ubur

Banyak tentunya aktivitas dan tempat-tempat menarik yang bisa kita lihat di Kepulauan Togean. Tapi kali ini kita akan bahas tentang keseruan Danau ini dan melihat stingless jellyfish atau ubur-ubur tak menyengat. Dan, di Togean ada stingless jellyfish lho!

Ubur-Ubur yang tak menyengat yang kali ini kita akan kunjungi terletak di sebuah danau bernama Danau Mariona. Jangan mengira kita akan melihat ubur-ubur itu dilaut lepas ya. Ubur-Ubur ini ada di Togean dan bisa kita lihat dan juga pegang di Danau.

Tak terdapat ombak di Danau ini, air di danau dan ubur-ubur sangat tenang. Tidak harus ke tengah danau, cukup dari lima meter dari pinggiran Danau kita sudah dapat melihat ataupun memegang ubur-ubur yang warnanya coklat muda.

3.Manggrove Boardwalk Lembanato

Adalah salah satu jalan berupa jembatan kayu yang melintas di dalam area konservasi hutan bakau yang begitu alami. Hawa, aroma, dan bunyian alam akan memberitahu, bahwa kalian saat ini sedang berada di hutan bakau. Mengunjungi area ini sebaiknya juga ditujukan adalah untuk belajar dapat mengenai ekosistem hutan bakau, sehingga kalian mungkin memerlukan pemandu lokal yang ahli (sebaiknya dari kelompok konservasi hutan bakau) desa Lembanato.

Kota Ampana (kota pelabuhan sebelum menuju ke Togean) terdapat beberapa fasilitas seperti charter fishing modern, Kalian bisa memesanya dan juga melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal fishing. Kalian dapat bermalam di Kapal dan tidak harus menginap di cottage.

4.Pulau Kadidiri

Pulau Kadidiri ini berlokasi di dalam Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Untuk Lokasi dari Pulau Kadidiri ini berletak jauh dari kota besar. Untuk dapat mengunjungi kesana kalian membutuhkan waktu tempuh 3 – 6 jam perjalanan dengan menggunakan kapal laut dari kota ampana, dan kemudian dapat dilanjutkan dengan perjalnan sekitar 30 menit lagi dari Wakai ke Pulau Kadidiri.

Keindahan yang ditawarkan Pulau Kadidiri ini yang bisa dikatakan sangat menawan. Sungguh begitu eksotis dan belum terusak oleh tangan manusia, dikarenakan letaknya lumayan jauh dari kota. Keindahan yang dimiliki Pulau Kadidiri ini benar-benar dapat membuat para pengunjung kagum yang datang ke Pulau Kadidiri ini. Air lautnya yang sangat jernih, lingkungan sekitarnya bersih, dan juga jauh dari berbagai hiruk piruk yang berada di kota besar.

Jadi tidak hanya pantainya saja yang perawan saja, banyak yang bisa kalian nikmati jika berada di Pulau Kadidiri ini. Tetapi destinasinya wisata ini juga ada flora dan juga fauna yang bisa dilihat dengan keeksotisannya. Kehidupan bawah laut ini sangat kaya dengan beragam isiannya. Selain itu juga hutan di sekitar lokasi yang bisa kalian telusuri. Jika kalian datang ke Pulau Kadidiri.

Untuk saat ini, pulau yang berlokasi di Togian ini memang begitu terkenal dengan wisata bawah laut yang menawan, bisa snorkeling, diving, atau juga menyewa speedboat untuk melihat keindahan di sekitar laut. Airnya pun bak kristal yang sangat jernih.

Fasilitas di Pulau Kadidiri ini terbilang cukup lengkap, Jadi buat kalian yang ingin menghabiskan waktu di pulau yang sangat indah ini, sudah ada penginapan yang layak untuk diinapi. Ada pula cottage dan resort dengan fasilitas masing-masing. Ada juga persewaan untuk speedboat yang direkomendasikan untuk kalian sewa dan dipakai mengelilingi kelindahan lautan di Pulau Kadidiri ini.

Setelah kita membahas fasilitas yang ada di Pulau Kadidiri ini, ada juga kejutan bangkai Pesawat Perang Dunia II Salah satu aktivitas yang bisa dikagumi dari Pulau Kadidiri ini adalah dengan adanya Bangkai Pesawat Terbang Dunia II, Kalian aka temui ini ketika kalian sedang Diving di lokasi ini, senhingga Pulau ini mendapatkan julukan sebagai Kadidiri Paradise. Ada spot di mana puing-puing pesawat B24 yang bersarang dibawah laut. Untuk dapat pergi kesana, Kalian bisa naik speedboat sejauh 16 kilometer ke arah bagian timur laut dari Pulau Kadidiri. Di sanalah bersemayam puing pesawat yang merupakan saksi mata dari Perang Dunia II.

5.Pulau Malenge

Pulau Malenge ini menjadi salah satu pulau favorit yang tercakup dalam kompleks wisata bahari andalan yang ada di Sulawesi Tengah di Togean. Pulau Malenge ini sebenarnya memiliki dua bagian pulau, yaitu Pulau Papan yang dihuni suku Bajoe dan Pulau Kadoda yang berupa cottage dan meliputi 8 kamar. Kedua Pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan kayu panjang yang memukau sejauh 1.800 meter.

Pastikan kalian membidikkan kamera ke arahnya untuk menangkap moment saat anak-anak sekolah yang berjalan melintasinya secara berkelompok. Obyek unik ini juga bisa dibilang sangat sempurna apabila kalian foto dari atas bukit di Pulau Papan.

Tidak hanya memiliki gugusan pantai yang indah dan pemandangan alam yang memesona, Pulau Malenge ini terbilang unik dengan kondisi alamnya yang masih diliputi hutan tropis nan rimbun. Kehiudpan yang dialami dari masyarakat suku Bajoe dengan kesederhanaan dan keterikatan mereka dengan laut adalah hal menarik untuk diamati.

Pulau Malenge ini merupakan satu dari enam pulau terbesar yang berletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Secara administratif, pulau yang seluas sekitar 12,21 km2 termasuk dalam wilatah Kecamatan Walea, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Paket Wisata Togean 1 Hari Terbaru January – Untuk dapat mencapai Pulau Malenge dan mengitari kawasan wisata bahari lainnya sudah termasuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Kalian dapat menyewa kapal. Semakin banyak orang akan semakin murah mengingat biaya sewa orang akan bisa dibagi.

Tak jauh dari Pulau Malenge, terdapat sebuah destinasi wisata bernama Pulau Angkaio. Dalam bahasa daerah, nama pulau tersebut yang berarti “Pulau Kepiting Kenari”. Nama ini rupanya disesuaikan dengan daya tarik utama yang dimiliki pulau ini, yaitu mengamati kehidupan kepiting kenari yang juga merupakan salah satu hewan endemik yang berada di Sulawesi Tengah.

Daya Tarik dari Pulau Malenge ini sama seperti tempat wisata yang lainnya dan menjadi alasan mengapa Pulau ini sangat populer bagi para wisatawan. Wisata bahari seperti berenang, snorkeling dan diving adalah hal yang wajib dilakukan saat mengunjungi pulau ini. Terumbu Karang dan biota laut disekitar pulau ini masih sangat terjaga dengan baik berkat suku Bajo yang menghargai alam yang merupakan tempat tinggal mereka.

Jika kalian hanya ingin sekedar berleyeh-leyeh  dengan berjemur di pantai, maka Pantai Kadoda, Bonavang, Poponoton dan pasirnya yang putih dan bersih adalah pilihan yang tepat.

by: Musyarrof Malik

Paket Wisata Manado Bunaken Paket Wisata Gorontalo Tour Paket Wisata Raja Ampat Papua Tour paket wisata togean islands tour paket wisata morotai tour Paket Umroh Terbaru paket tour wisata jepang halal paket tour wisata halal turki paket tour wisata halal jepang paket tour belajar diving selam

Leave a Reply

Your email address will not be published.