Punya Lokasi Menyelam Peninggalan Perang Dunia II!! Inilah FaktaMenarik Tojo Una-Una

Posted on
paket-wisata-raja-ampat-banner-welcome-press oke

Punya Lokasi Menyelam Peninggalan Perang Dunia II!! Inilah FaktaMenarik Tojo Una-Una– Tojo Una-Una ini merupakan sebuah daerah yang menyimpan beberapa destinasi wisata cantik yang wajib untuk anda kunjungi. Nama Toja Una-Una menjadi pembicaraan ramai usai gempa magnitudo 6,5 terjadi di sana. Banyak orang penasaran di mana Toja Una-Una itu karena tak sedikit jumlah kabupaten/kota di Indonesia.

Ada salah satu fakta menarik yeang kabarnya menjadi perbincangan masyarakat, yakni. Tojo Una-Una memiliki sebuah peninggalan dari perang dunia II yang saat ini telah menjadi titik penyelaman yang digemari oleh para penyelam. masih ada lagi Fakta Fakta Menarik Tojo Una-Una yang akan kita bahas kali ini. jika anda penasaran, mari simak informasi tentang Punya Lokasi Menyelam Peninggalan Perang Dunia II!! Inilah FaktaMenarik Tojo Una-Una di bawah ini.

Punya Taman Nasional

taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada 2004. Secara administrasi, taman nasional ini berada wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-Una. Pulau Kadidiri adalah pusat dari Kepulauan Togean. Pulau ini adalah yang paling populer di antara pulau-pulau yang tersebar seluas 90 km persegi di Kepulauan Togean. Mayoritas etnik di kepulauan Togean berasal dari Gorontalo, sementara ada etnik asli yang hidup dengan rumah di atas laut yang disebut Suku Bajo.

Kepulauan Togean telah ditetapkan sebagai Taman nasional yang meliputi 292.000 hektare ekosistem laut dan 70.000 hektare area darat pada 19 Oktober 2004. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain menyelam dan snorkeling di Pulau Kadidiri, memancing, menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi Gunung Colo di Pulau Una-Una.

Pesisir Teluk Tomini

Tojo Una-Una terletak pada pesisir pantai di perairan Teluk Tomini dan kawasan lainnya meliputi kawasan hutan dan lembah pegunungan. Di sebelah utara, Toja Una-Una berbatasan langsung dengan dengan Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Utara.Sementara di sebelah selatan, Tojo Una-Una berbatasan langsung dengan Kabupaten Morowali Utara. Di sebelah timur, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Banggai dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Poso.

Karena letak geografis yang berada di pesisir Teluk Tomini, maka Toja Una-Una berdampak positif bagi sumber daya laut, khususnya perikanan. Produksi perikanan tangkap pada 2017 sebesar 10.492,80 ton yang tersebar di 12 wilayah kecamatan.Wilayah yang paling banyak menghasilkan produksi perikanan tangkap ini adalah Kecamatan Talatako dengan jumlah 1.642 ton, kemudian Kecamatan Tojo sebesar 1.604,70 ton, Kecamatan Togean 1.369,80 ton, dan Kecamatan Batudaka 1.272,70 ton. Jenis komoditas unggulan dari perikanan ini di antaranya ika kerapu, baronang, kuwe, selar, cakalang, tongkol, tuna ekor kuning, dan kakap.

Tradisi Adat Padungku

Ritual Padungku sudah sangat terkenal dan melembaga di desa-desa yang ada di Kecamatan Tojo Barat dan Tojo Timur Kabupaten Tojo Una-una dan juga di desa-desa yang ada di Kabupaten Poso. Ritual padungku ini berkaitan dengan pengucapan syukur kehadirat Allah  atas kebehasilan panen raya.

Makna tersirat padungku berarti padi sudah di lumbung, alat pembajak sudah dibersihkan dan disimpan di kolong rumah, serta semua rangkaian panen padi sudah selesai. Setelah itu, seluruh petani di desa atau kampung mulai bersiap mengadakan pesta bersama yakni mo padungku.

Makanan Khas yang Dominan Dengan Sagu

Toja Una-Una memiliki beberapa makanan khas, yaitu sinole, yaitu sagu yang diolah kemudian dicampur parutan kelapa. Biasanya sinole disantap bersama ikan bakar dan dabu-dabu. Ada juga loka pesoyaitu pisang mentah rebus dan parutan kelapa pasangannya bisa ikan bakar atau nike duo saus atau ikan kecil-kecil khas Tojo Una-Una. Makanan ini sempat mendapat Rekor Dunia MURI untuk penyajian Loka Peso kuliner terbanyak, yaitu 8.800 porsi pada 19 Agustus 2015 lalu.

Toja Una-Una juga konisa jole atau nasi jagung yang biasanya dimakan dengan uta kelor (sayur daun kelor) dan nike dua saus. Selain itu, tentu masih banyak menu khas lain dari Toja Una-Una.

Itula Fakta Menarik Tojo Una Una. Jika anda berencana untuk mengunjungi Kabupaten Tojo Una-Una, jagan lupa untuk mengunjugi destinasi wisata yang ada disana juga mencicipi kuliner khas yang ada di sana yah..

Berbicara soal makanan, di bulan puasa ini pasti banyak masyarakat yang sibuk dengan hidangan yang akan mereka sajikan saat berbuka puasa bersama keluarga. belum lagi mau mengurus urasan yang lain dan harus ke pasar untuk membeli bahan bahan makanan, pasti sangat ribet. sekarang anda tidak perlu lagi repot repot masak untuk menyiapkan hidangan lezat saat berbuka nanti. karena ada salah satu agen yang menyediakan Catering Halal Manado dengan hidangan terbaiknya.

terdapat banyak pilihan menu halal yang dapat anda pilih sendiri sesuai keinginan anda. selain untuk berbuka puasa anda juga dapat memesan untuk berbagai jenis acara acara anda seperti reunian, acara sekolah, acara kantor, Sedekah, arisan dll. jika anda berminta untuk menggunakan jasa layanan tersebut , anda dapat melihat berbagai melihat berbagai informasinya disini

Nah sekian dulu pembahasan dari kami mengenai Punya Lokasi Menyelam Peninggalan Perang Dunia II!! Inilah FaktaMenarik Tojo Una-Una. semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam menambah informasi.

Semoga informasi yang kami berikan tentang Punya Lokasi Menyelam Peninggalan Perang Dunia II!! Inilah FaktaMenarik Tojo Una-Una. bisa bermanfaat dan menjadi ferensi ketika kalian semua yang inggin berliburan di Tojo Una-una

 

Terimakasih

JANGAN SUNGKAN !!! Silahkan KONSULTASI-kan KEBUTUHAN dan Rencana Paket Tour Anda kepada kami

Karena BERTANYA = GRATIS !!! BERTANYA = SILATURAHIM !!! BERTANYA = MEMBUKA PINTU REJEKI !!!