paket tour manado raja ampat halal

Oleh-Oleh khas Raja Ampat Sering Diburu Wisatawan

Oleh-oleh khas Raja Ampat

Ads - After Post Image

1 Guest Rate *5

Oleh-Oleh khas Raja Ampat – Raja Ampat salah satu kabupaten di Papua Barat, yang memiliki kekayaan Alam dan Destinasi Wisata yang Menakjubkan.

Jadi tak heran lagi jika banyak para wisatawan mengunjungi Raja Ampat. Selain itu, sebagian besar destinasi di Indonesia memiliki produk ekonominya masing-masing.

Namun di sayangkan banyak sekali jenis produk yang di datangkan dari luar raja ampat untuk dijual ke Raja Ampat dan sekitarnya.

Sehingga produk lokal khas raja ampat jadi kurang mendapatkan perhatian oleh para wisatawan, padahal produk ini di produksi oleh masyarakat asli raja ampat.

Mari kami akan mengenali beberapa produk lokal dari beberapa daerah yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika Anda berkunjung dari Raja Ampat.

Berikut dibawah ini daftar oleh-oleh khas Raja Ampat yang bisa Anda jadikan oleh-oleh.

Ebi atau Udang kecil

Kampung beo ini berada di pulau terpisah tengah teluk Mayabilit Raja Ampat. Perairain di Kampung beo terkenal dengan udang kecil atau umumnya disebut Ebi yang berlimpah.

Dengan kelimpahan ini dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk di jadikan sebagai oleh-oleh, berupa ebi kering dan juga terasi.

Selain dijual dalam bentuk ebi kering, ini juga bisa digunakan untuk sebagai bahan membuat terasi.

Stik Ikan

Selain ebi, Stik ikan juga merupakan salah satu oleh-oleh khas raja ampat yang di produksi oleh masyarakat lokal.

Bahan utama membuat stik ikan ini menggunakan dengan Ikan, dan untuk produksi oleh dua kelompok yaitu Fadarel dan Fatanon.

Dengan berbagai jenis ikan yang digunakan seperti tenggiri, kakap merah, dan bubara hingga ikan lema.

Untuk setiap jenis ikan pastinya akan mendapat hasil rasa dan gurih yang berbeda-beda. Penggunaan Ikan yang harus digunakan Ikan segar.

Tas Sulam

Dengan keahlian sulam perempuan yang berada di Raja Ampat dan disertakan melalui program pelatihan diadakan oleh Pemerintah setempat.

Sehigga ketika kita mengunjungi ke Raja Ampat khususnya di Kampung Waifoi, akan disuguhkan oleh perempuan-perempuan yang sedang menyulam di sore hari.

Produk tas sulam Waifoi memiliki warna khas yang terbuat dari bahan-bahan baku alam. Sehingga ini menjadi salah satu ciri khasnya.

Ikan Asin

Ikan Asin ini salah satu oleh-oleh khas raja ampat yang wajib Anda cicipi atau dibawa sepulang dari liburan di Raja Ampat.

Bagi para penduduk lokal di raja ampat, sudah mengenal bahwa ikan asin memiliki yang rasa enak berasal dari Wawiya.

Dan uniknya, yang melakukan proses pembuatan ikan asin ini, hampir seratus persen di kerjakan perempuan Wawiya.

Mulai dari proses penangkapan, membersihkan, memberi bahan baku, mengeringkan ataupun proses pengiriman produk.

Kerajinan Anyaman

Menganyam adalah salah satu tradisi asli di Raja Ampat. Suku yang masih dalam tradisi ini adalah Suku Maya yang tinggal di kampung pesisir Teluk Mayabilit.

Sementara banyak anyaman yang beredar dipasar dengan menggunakan pewarna tekstil, sedangkan anyaman dari teluk mayabilit menggunakan pewarna alam.

Produk anyaman yang umum dijual adalah noken, lam, kahene, bayai dan abob. Jika Anda membeli produk anyaman, berarti anda turut melestarikan budaya menganyam.

Sebelum balik dari Raja Ampat, Anda wajib harus membeli atau membawa pulang souvenir di Atas sebagai tanda mata, bahwa Anda pernah ke Raja Ampat.

Nah, begitulah penjelas singkat dari kami yang mengenai Oleh-Oleh khas Raja Ampat, Terimakasih Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:

Ads - After Post Image