Beberapa Kuliner Khas Gorontalo Yang Satu Ini!!!
Beberapa Kuliner Khas Gorontalo Yang Satu Ini!!!

Mau Liburan Ke Gorontalo ? Wajib Banget Buat Cicipi Beberapa Kuliner Khas Gorontalo Yang Satu Ini!!!

Posted on
paket-wisata-raja-ampat-banner-welcome-press oke

Mau Liburan Ke Gorontalo ? Wajib Banget Buat Cicipi Beberapa Kuliner Khas Gorontalo Yang Satu Ini!!! – Halo semuanya apa kabar ? Semoga semuanya dalam keadaan yang baik ya. Memiliki Ibukota bernama Gorontalo atau dikenal juga dengan sebutan Hulontalo serta julukan Kota Serambi Madinah, Gorontalo memiliki kekayaan budaya yang menarik. Salah satunya adalah kekayaan kuliner tradisional Gorontalo.

Kuliner Khas Gorontalo

Dengan bumbu-bumbu khas dan bahan-bahan yang ada di daratan Gorontalo, makanan khas Gorontalo tentu memiliki cita rasa yang enak pastinya. Kira-kira apa saja ya Kuliner Khas Gorontalo  Nah, dari pada penasaran langsung aja yuk kita simak Beberapa Kuliner Khas Gorontalo.

1. Binte Buluhuta

Gorontalo merupakan salah satu daerah penghasil Jagung di Nusantara. Tak heran banyak panganan asal Gorontalo yang menggunakan jagung sebagai bahan utamanya, seperti Binte Buluhuta

Binte Buluhuta sendiri memiliki arti jagung yang disiram. Makanan khas Gorontalo ini dibuat dari parutan jagung yang dicampur parutan kelapa, udang, potongan ikan cakalang dan disirami dengan kuah rempah yang gurih.

Dilengkapi daun bawang, tomat, kemangi, cabai, dan segarnya air perasan jeruk lemon, tak hanya lezat kuliner khas Gorontalo ini juga bisa mengenyangkan perut.

2. Tili Aya

Kuliner tradisional Gorontalo satu ini merupakan panganan wajib saat sahur pertama di bulan Puasa. Terbuat dari gula merah yang diolah dengan telur dan santan kelapa, Tili Aya memiliki cita rasa yang manis dan mampu mengganjal perut

Selain untuk sahur, makanan khas asal Gorontalo yang surah sulit ditemui ini juga bisa menjadi pendamping yang pas untuk minum teh disaat-saat santaimu.

3. Sate Tuna Gorontalo

Jika umumnya sate disajikan menggunakan daging kambing ataupun ayam, di daerah yang memang kaya akan hasil laut ini justru menggunakan daging ikan tuna sebagai bahan utamanya.

Dengan tekstur lembut dari ikan tuna dan bumbu yang meresap, sate tuna khas Gorontalo sangat pas disantap bersama nasi hangat dan juga pedasnya sambal.

4. Ayam Iloni

Ayam Iloni bisa dibilang merupakan ayam bakar tradisional khas Gorontalo. yang membedakannya adalah kekayaan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasa dari kuliner khas Gorontalo ini sangat kaya. Pasangan pas untuk sepiring nasi putih hangat dan lalapan segar.

5. Ilabulo

Terbuat dari olahan daging ayam, Ilabula adalah makanan khas Gorontalo yang kerap menjadi lauk pendamping makan siang masyarakat Gorontalo. Ditambah hati ayam dan ampela, masakan tradisional dari Gorontalo ini dimasiak bersama pisang sepatu dan berbagai rempah-rempah dan kemudian dibungkus daun pisang untuk dibakar hingga matang. Proses pembakaran dengan daun pisang dan rempah-rempah membuat kuliner tradisional Gorontalo ini memiliki aroma yang menggoda selera.

6. Bilenthango

Bilenthango merupakan kuliner tradisional khas Gorontalo selanjutnya yang menggunakan Ikan Mujair sebagai bahan utamanya. Proses memasak masakan khas Gorontalo ini tergolong unik. Sebelum dimasak, ikan akan dibelah dua dan diletakkan diatas daun pisang sebelum digoreng ataupun dibakar sehingga ikan tidak bersentuhan atau terendam minyak goreng.Setelah matang, ikan disirami dengan bumbu rempah yang memperkaya cita rasa kuliner asal Gorontalo ini.

7. Sayur Putungo

Berbahan dasar jantung pisang, makanan khas Gorontalo ini memiliki cita rasa menyerupai sayur lodeh. Sayur Putungo kerap disajikan dengan cara ditumis, digoreng, atau dibuat kuah bersantan sebagai lauk. Terkadang kuliner Gorontalo ini juga dijadikan sebagai lalapan pelengkap.Hidangan khas Gorontalo ini kerap disantap berdampingan dengan jagung rebus ataupun jagung bakar.

8. Kue Sabongi

Jika berjalan-jalan ke pasar atau mampir ke warung-warung di Kota Gorontalo, Toppers bisa menemukan kue khas Gorontalo satu ini. Sekilas makanan khas Gorontalo ini terlihat seperti Kue Combro.

Meskipun sama-sama menggunakan bahan utama parutan ubi, isian dari kuliner tradisional Gorontalo ini berbeda dari Combro yang umumnya menggunakan gula merah. Pisang raja yang dipotong-potong menjadi isian dari Kue khas Gorontalo yang memiliki teksur renyah ini.

Nah, itulah Beberapa Kuliner Khas Gorontalo gimana semua menggugah selera bukan ? Nah, jika kalian ada niatan buat berkunjung ke Gorontalo tapi masih bingung mau cari paket wisata ? Kami memepunya rekomendasi paket wisata yang sudah pasti aman, terpercaya dan berkualitas. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

Semoga semua  informasi di atas tentang Mau Liburan Ke Gorontalo ? Wajib Banget Buat Cicipi Beberapa Kuliner Khas Gorontalo Yang Satu Ini!!! bisa bermanfaat ya. Terima Kasih

JANGAN SUNGKAN !!! Silahkan KONSULTASI-kan KEBUTUHAN dan Rencana Paket Tour Anda kepada kami

Karena BERTANYA = GRATIS !!! BERTANYA = SILATURAHIM !!! BERTANYA = MEMBUKA PINTU REJEKI !!!