11 Makanan Khas Manado Yang Wajib Di Coba

Posted on
paket-wisata-raja-ampat-banner-welcome-press oke

11 Makanan Khas Manado Yang Wajib Di Coba – Manado, selain memiliki kekayaan alam, budaya, serta sejarahnya, Manado juga memiliki beragam kuliner khas yang enak-enak dan menarik. Beberapa makanan tradisional khas Manado bahkan sudah dikenal secaraluas di berbagai daerah lain di Indonesia. Saat kalian datang berkunjung ke Manado ada berbagai jenis makanan yang wajib kalian coba, penasaran apa saja ? Nah, berikut 11 Makanan Khas Manado Yang Wajib Di Coba simak selengkapnya.

1. Tinutuan

Tinutuan

Yang pertama adalah Tintuan, salah satu makanan khas Manado yang satu ini mugkinsudah tidk asing lagi bagi kalian, Tinutuan merupakan masakan khas Manado yang sudah sangat populer. Nah, bagi kalian yang belum tau Tinutuan sendiri merupakan makanan yang dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Makanan yang satu ini sangat cocok disantap sebagai sarapan.

2. Cakalang Fufu

Ikan cakalang sangat mudah ditemui di perairan sekitar Manado, tak heran jika banyak hidangan yang menggunakan ikan cakalang sebagai sajian utamanya. Cakalang Fufu adalah salah satu hidangan, yang cukup terkenal di Tanah Minahasa.

Cakalang Fufu

Manado memang terkenal dengan sajian kulinernya yang pedas, begitu pula dengan Cakalang Fufu.Ikan Cakalang pada olahan ini, akan dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu sebelum diasap. Dengan proses pengasapan inilah, membuat Cakalang Fufu mampu bertahan dalam suhu ruangan selama satu bulan lamanya.

3. Woku Blanga 

Woku Blanga ini merupakan salah satu cara orang Manado mengolah ikan. Woku blanga sejatinya dimasak di dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku merupakan campuran bumbu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, daun serai, kemangi dan ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya sehingga beraroma wangi dan bercitrarasa pedas dan terasa segar.

Woku Blanga

Beberapa jenis ikan yang biasa diolah menjadi masakan woku blanga adalah ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang. Anda bisa menjumpai woku blanga di restoran khas Minahasa dan warung-warung makan tradisional.

4. Nasi Kuning 

Yang berikutnya ada  nasi Kuning, berbeda dengan nasi kuning di daerah lain, nasi kuning khas Manado mengandalkan pelengkapnya berupa irisan ikan cakalang, serta daging sapi yang diolah dalam bentuk irisan kecil-kecil. Telur rebus juga menjadi pelengkap serta ditaburi berbagai bumbu lainnya. Nasi kuning khas Manado sering disajikan atau dibungkus di daun woka (sejenis janur).

Woku Blanga

5. Ayam Tuturaga

Ada begitu banyak jenis olahan ayam memang sering dimanfaatkan oleh warga Indonesia, tak terkecuali masyarakat Manado. Hal ini karena ayam dapat diolah menjadi beragam bentuk, dengan beragam sajian dan rasa yang lezat. Di Kota Manado sendiri, terdapat sebuah olahan ayam isi buluh yang cukup terkenal. Olahan yang diberi nama Ayama Tuturaga ini adalah makanan khas Manado, yang disajikan bersama dengan kuah santan.

Ayam Tuturaga

Ayam Tuturaga sendiri cukup mirip dengan opor ayam, hanya saja warnanya cenderung merah bukannya kuning seperti opor. Kuah santan hidangan ini dicampur dengan perasan jeruk nipis dan cabai merah, sehingga memberikan rasa pedas asam yang sangat menyegarkan. Ayam Tuturaga sangat nikmat disantap dengan nasi hangat, tanpa perlu sambal tambahan lagi

6. Ayam Rica – Rica 

Nah, jika sebelumnya ayam diolah dengan kuah santan yang pedas, maka kini ayam diolah dengan bumbu pedas. Ayam Rica – Rica sendiri cukup terkenal di penjuru Indonesia, tidak hanya di sekitar Manado saja. Bahkan beberapa daerah di luar Manado terdapat restoran atau warung makan, yang menyajikan menu Ayam Rica-Rica ini.

Ayam Rica – Rica

Bagi kalian pecinta makanan pedas, hidangan ayam rica rica ini sangat direkomendasikan. Biasanya ayam rica akan disajikan dengan perasan air jeruk, untuk meminimalisir rasa pedas dari bumbu cabai tersebut. Hidangan ini memiliki tekstur yang empuk, dan bumbu pedasnya bisa menyerap hingga ke dalam serat daging.

7. Ayam Woku Belanga

Kuliner berbahan dasar ayam selanjutnya adalah Ayam Woku Belanga,  jenis masakan yang satu ini menggunakan bumbu masakan ala Manado yang memiliki cita rasa tinggi. Bumbu dari Ayam Woku Belanga sendiri, terdiri dari beberapa bahan dan rempah-rempah. Rempahnya sendiri seperti bawang putih dan merah, daun jeruk, jahe, serai, kunyit, hingga daun pandan. Ayam Woku Belanga memiliki dua versi, yaitu berkuah kental maupun berkuah cair seperti sup.

Ayam Woku Belanga

8. Mie Cakalang

Mie Cakalang adalah sebuah olahan mie, yang disajikan bersama dengan ikan cakalang. Hidangan ini diberikan bumbu yang diracik dengan cita rasa khas Manado, sehingga menciptakan rasa yang istimewa.

Mie Cakalang

9. Gohu

Yang berikutnya ada Gohu. Gohu merupakan asinan yang sangat digemari di Manado. Dibuat dari daging buah pepaya mengkal yang diiris kecil memanjang. Irisan buah pepaya itu kemudian dicampur dengan cuka, air, cabe yang dihaluskan, gura aren, bakasang (fermentasi telur/perut ikan), dan jahe. Rasa pedas dari kombinasi cabe dan jahe serta rasa asam dari cuka yang berpadu dengan rasa manis dari gula aren akan membuat lidah anda merasakan sensasi yang berbeda dari gohu.

Gohu

10. Klapertaart 

Klapertaart dikenal sebagai kue khas Manado dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur.  Kuliner yang satu ini adalah warisan orang Belanda sewaktu bercokol di Manado. Dessert yang sangat gurih dan lezat ini terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung, susu, telur dan mentega. Klapertaart sangat cocok disantap dalam kondisi masih dingin.

Klapertaart

Oleh sebab itu selesai diolah, klapertaart langsung dimasukan di kulkas. Klapertaart kini tampil dengan berbagai citarasa seperti keju, durian, dan cokelat. Klapertaart juga menjadi ole-oleh kuliner utama dari Manado yang bisa dibawa pulang.

11. Panada

Ada sebuah jajanan khas Manado, yang wajib untuk dicoba. Bentuk dari Panada cukup mirip dengan pastel, namun tektur dari panada cukup berbeda. Kulit Panada lebih mirip dengan roti, sehingga ketika digigit pun tidak akan hancur seperti kulit pada pastel.

Panada

Isian Panada adalah ikan cakalang, yang dicampur dengan bumbu. Bagi warga luar Manado, maka bisa mengganti ikan cakalang ini dengan ikan jenis lainnya.

Nah, itulah 11 Makanan Khas Manado Yang  Wajib Di Coba. Gimana menarik semua bukan ? Jika kalian datang berkunjung atau datang berwisata ke Manado jangan lupa yang untuk mencicipi berbagai makanan khas Manado seperti yang sudah kita bahas di atas.

Bagi kalian yang tertarik ingin mengunjungi Kota Manado namun, masih bingung mencari paket wisata yang aman dan terpercaya ? Nah, kali ini kami juga memiliki rekomendasi paket wisata ke Manado. Mulai dari paket tour 1 hari, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, 4 hari 3 malam, 5 hari 4 malam. Semua itu tersedia hanya di wisatahalalmanado.com. 

Semua jenispaket tour yang tersedia di Paket Wisata Halal Manado adalah paket tour yang terbaik dan juga terpercaya dengan harga yang bersahabat. Jadi jangan ragu lagi untuk menggunakan Paket Wisata Halal Manado sebagai tour operator kalian di jamin kalian puas deh pokoknya.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami berikan tentang 11 Makanan Khas Manado Yang Wajib Di Coba, semoga bisa membantu ya. Sekian, dan terima kasih.

 Tinutuan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Kuliner Halal yang Wajib Dicicipi di Manado”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2017/02/16/130300727/10.kuliner.halal.yang.wajib.dicicipi.di.manado?page=all.
Penulis : Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

 Tinutuan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 Kuliner Halal yang Wajib Dicicipi di Manado”, Klik untuk baca: https://travel.kompas.com/read/2017/02/16/130300727/10.kuliner.halal.yang.wajib.dicicipi.di.manado?page=all.
Penulis : Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

JANGAN SUNGKAN !!! Silahkan KONSULTASI-kan KEBUTUHAN dan Rencana Paket Tour Anda kepada kami

Karena BERTANYA = GRATIS !!! BERTANYA = SILATURAHIM !!! BERTANYA = MEMBUKA PINTU REJEKI !!!